Selasa, 07 April 2015

FISIKA

TEORI KINETIK GAS

A. Gas Ideal
1. Sifat-Sifat Gas Ideal
a.  Tidak interaksi antarmolekul gas
b. Molekul gas dapat dipandang sebagai partikel yang ukurannya dapat diabaikan(dianggap nol)
c. Dalam suatu wadah, partikel gas bergerak secara acak ke segala arah. 
2. Hukum Boyle 
Hukum Boyle menyatakan bahwa "Jika gas dalam ruang tertutup suhu mutlak dijaga            konstan, maka tekanan gas berbanding terbalik dengan volumenya"  
3. Hukum Charles
Hukum Charles menyatakan bahwa "Jika gas dalam ruang tertutup tekanannya dijaga         konstan, maka volume sebanding dengan suhu mutlaknya"

B. Teori Kinetik Gas
1. Tekanan Gas Dalam Ruang Tertutup
2. Suhu Gas Ideal 
3. Kecepatan Efektif Gas Ideal  
C. Teorema Ekuipartisi Energi
Dalam mekanika statistik klasik, teorema ekuipartisi adalah sebuah rumus umum yang merelasikan temperatur suatu sistem dengan energi rata-ratanya. Teorema ini juga dikenal sebagai hukum ekuipartisi, ekuipartisi energi, ataupun hanya ekuipartisi. Gagasan dasar teorema ekuipartisi adalah bahwa energi yang berbeda ; contohnya energi kenetik rata-rata per derajat kebebasan pada gerak transisi sebuah molekul haruslah sama dengan gerak rotasinya.
Teorema ekuipartisi energi menyatakan bahwa untuk sejumlah besar partikel yang memenuhi hukum gerak Newton pada suatu sistem dengan suhu mutlak T, maka energi yang tersedia terbagi merata setiap derajat kebebasan sebesar 1/2 kT. Derajat kebebasan adalah setiap cara bebas yang dapat digunakan oleh partikel untuk menyerap energi.
1. Gas Monoatomik
2. Gas Diatomik
Suhu rendah (+/- 250K) Suhu sedang (+/- 500K) Suhu tinggi (+/- 1000K)  

SEKIAN!!! :)  SEMOGA MEMBANTU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar